Selasa, 28 Mei 2013

CARA MEMBUAT BOOTING SYSTEM MULTIBOOT YAKNI 1 FLASH WIN XP, WIN 7 atau WIN 8, Linux...GAK PERLU BANYAK FLASH DISK

Ass.... Wr.... Wb....
Salam DSP

Jam menunjukkan 02.42 masih banyak hal yang dipikirkan, udah lama pengen posting judul ini. Sekarang baru ada waktu lebih untuk membuat tutorial ini. Banyak kita temukan laptop dengan ukuran mini atau kecil, ada lagi nama gaulnya Netbook, mudah di bawah kemana-mana berselancar di dunia maya. Netbook hadir karena kebutuhan internet, mencari informasi di mana aja, ada jaringan Wi-fi atau menggunakan modem, tidak butuh ruangan, di taman lagi santai Netbook bisa menemani dengan baterai yang lebih tahan lama dibanding pake Notebook "gede, berat & harus pake tas gede kesana kemari".

Untuk itu sekarang lagi trend install Netbook dengan Flash Disk, jika untuk seorang teknisi professional mungkin membutuhkan 3 sistem operasi Windows yang harus siap digunakan. 3 sistem 3 flash disk??? tidak lagi.... kita bisa menggunakan software YUMI - Multiboot USB Creator "juga bisa banyak sistem asal flash disknya masih muat, bisa juga beserta sistem Linux". Awal ketemu dengan software ini, searching google kesana kemari.. dan akhirnya menemukan YUMI, saat itu kata kunci yang kugunakan ialah Multiboot, sebab lalu saya menggunakan Multiboot DOS untuk membuat booting Win XP ke flash disk. tetapi malah Multiboot yang diberikan Search Engine yakni Multiboot YUMI. Disinilah saya menemukan perbedaaan dari semua software pembuat bootable pen drive atau flash disk. 

Merupakan software yang kecil tetapi punya fungsi yang luar biasa, terima kasih kepada Team Kreatif YUMI - Multiboot, sebab software ini memudahkan kita membuat bootable sistem sekaligus dalam 1 pen drive atau flash disk.

Cara Menjalankan YUMI - Multiboot
  • Gak langsung jalan,,, hehehe............ DOWNLOAD DULU YUMI - Multiboot
  • Selesai download, langsung buka program YUMI - Multiboot
  • Ikut petunjuk yang ada >>>>>

  • I Agree >> lanjut ke menu berikutnya.................. 
 
  • Menu YUMI berikutnya yakni Step1: Pilih drive flash disk, contoh disini F : sebagai drive terpilih, lalu centang We Will Fat32 Format, lanjut ke Step2 masih pada menu yang sama; perintahnya memilih distribusi atau OS yang terdapat dalam Box, contoh disini kita membuat bootable Windows 8 Pro 86 bit ; jadi pilih Windows Vista/7/8 Installer (seperti pada gambar di atas).
  • Masih pada menu yang sama Step3 Anda diperintahkan menargetkan sistem Windows 8 yang telah dibuat image *.iso. "catatan : Anda dapat membuatnya dengan menggunakan software power iso, yakni masukkan dvd win 8 lalu buat iso dengan software power iso, klik kanan pada dvd pilih make iso"
 
  • Klik Create, maka akan muncul pesan peringatan yakni seperti gambar di bawah, pilih Yes untuk memproses step1 - step3 dengan 5 perintah pesan pada gambar :
 
  • Setelah proses di atas selesai maka YUMI akan menampilkan pesan "Apakah Anda ingin membuat lagi?" jika ingin membuat Multiboot Win XP, 7 & 8 Anda tinggal menjawab Yes untuk menambah bootable sistem lain, Anda juga bisa mengisi Sistem Linux.
  • Jika Anda jawab Tidak, maka proses langsung selesai.

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar