Senin, 27 Mei 2013

FAKTOR PENTING DARI SEBUAH BISNIS YANG SEHAT

Ass... Wr... Wb...
Salam DSP

Bicara tentang hidup pasti bicara bagaimana memperoleh penghasilan yang mencukupi atau bahkan bisa lebih dari cukup. Anda ingin bekerja terus-menerus, Anda ingin punya Aset yang menghasilkan uang, Anda ingin uang Anda menghasilkan uang, Anda ingin mempekerjakan orang, Anda ingin membangun sebuah Perusahaan, Toko atau hanya sekelas warung. Itu merupakan pilihan Anda dalam mencari uang, tapi Apakah Anda mengerti arti dari BISNIS???

Mungkin bagi beberapa orang Bisnis dianggap sama dengan dagang, ternyata pendapat dari kebanyakan orang ini salah!!! why? Dagang tetaplah menjual... Bisnis tidak sama dengan dagang!! tapi Bisnis memainkan sejumlah nilai yang menunjukkan grafik pertumbuhan dari apa yang diusahakan... "menurut sumber pengertian bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. kata bisnis dari bahasa Inggris business, yaitu kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu maupun komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan yang banyak. Jadi jelaslah Bisnis & Dagang tidaklah sama dari segi keuntungan!!! Kalau Dagang hanya menguntungkan sekali... sedang Bisnis bisa berlipat-lipat hasil yang didapatkannya disebabkan sistem yang telah jadi. Bisnis mempunyai sistem yang mengatur perputaran nilai yang didagangkan, atau usaha lain.

Singkat tentang bisnis,,,, yang menarik yakni FAKTOR PENTING DARI SEBUAH BISNIS YANG SEHAT??? ini yang menjadi perhatian banyak orang.. banyak orang mulai menyibukkan dirinya dengan berbisnis lewat dunia maya. Ada yang menggunakan via Blackberry Messenger (BBM), ada yang menggunakan Facebook (FB), ada yang menggunakan Twiter, ada yang menggunakan YM (Yahoo Messenger), menggunakan blog untuk memasarkan produknya, hingga sudah mempunyai website resmi.

Apa yang Anda lakukan di dunia ini pastinya punya cobaan!! yakni tidak semudah yang kita bayangkan bisnis kita akan maju dengan pesat. Ada beberapa faktor yang kita harus perhatikan yakni :
  • Keyakinan
Keyakinan merupakan impian atau cita-cita penggerak individu untuk melakukan hal yang positif dalam memotivasi dirinya untuk bergerak maju dan tak akan berhenti jika tidak berhasil atau mendapatkannya. Dalam hal ini keyakinan berhak menjadi faktor utama dalam kesuksesan bisnis yang dijalani.

  • Sikap
Sikap yakni cara kita menampilkan keyakinan untuk membangun bisnis dengan baik. Sikap disini yang dimaksud berlaku arif dan menjadi sosok pimpinan yang tegas. Sikap ini yang mencerminkan seorang pebisnis, akan terlihat aura kepemimpinan.

  • Tanggung Jawab
Hmmmm.... ini faktor yang paling cenderung diabaikan, sistem dalam berbisnis akan pincang jika tanggung jawab tidak ada. Jika ada sesuatu yang tidak berjalan lancar dalam berbisnis, pastinya tanggung jawablah yang berperan penting. Tanggung Jawab merupakan rangka bisnis, tanpa ini bisnis mudah rapuh dan hancur. Tugas atau sesuatu akan terselesaikan dengan baik jika tanggung jawab ada di dalamnya. Dengan peran tanggung jawab roda perekonomian bisnis akan berjalan lancar tanpa adanya keterlambatan dalam prosesnya.

  • Management
Dalam berbisnis pasti ada namanya Management? suatu roda perekonomian suatu bisnis yang merupakan susunan nilai yang diatur dalam sistem bisnis tersebut. Management disini berhubungan dengan nilai suatu bisnis, untuk mengetahui keuntungan ataupun kerugian bisnis tersebut. Ini juga yang membuat suatu bisnis berputar cepat dan menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Bisnis mempunyai keuntungan hampir selaras dengan kecepatan waktu yang ada, bahkan bisnis dapat mengalahkan kecepatan waktu tersebut. Tanpa faktor ini nilai tak ada harganya.

  • Ide
Titik terberat suatu bisnis yakni adanya pencetus ide kreatif terhadap upaya membuat nama besar bisnis tersebut dikenal dan masyarakat sangatlah membutuhkan hasil dari bisnis yang Anda geluti. Jika ide tersebut bisa membuat hal biasa menjadi istimewa, disitulah terdapat keuntungan yang tak terkira. Nilai suatu bisnis akan menanjak jika ide-ide yang dicetuskan brilian.

  • Konsultan Bisnis
Anda mungkin heran kenapa dalam berbisnis membutuhkan seorang konsultan? ini seperti layaknya sebuah penampilan menarik, yang membutuhkan penilaian dari si penglihat. Apakah Anda dapat menilai diri sendiri? tidak kan???? itu berarti Anda memerlukan pihak ke-3 dalam membantu Anda melihat kemajuan bisnis Anda? jika keberhasilan telah dicapai dibidang ini, pastinya Anda akan berfikir kemana harus bertanya peluang bisnis berikutnya? pastinya ke Konsultan Bisnis. Peran dari Konsultan Bisnis tersebut memacu Anda untuk menentukan target yang akan diraih kedepan dan memberikan saran untuk menuntup celah agar bisnis tetap sehat.

  • Apa yang Anda bisniskan?
Bisnis haruslah punya jasa atau barang? disini Anda harus pintar melihat peluang termasuk ide yang Anda telah rancang untuk membuat suatu yang baru dan belum pernah ada. Jika Anda seorang jenius pastinya bisnis Anda lain dari yang lain? bahkan mungkin Andalah yang pertama mendirikannya. Tetapi ada juga yang punya bisnis sama tapi mereknya berbeda. Pikirkan bisnis yang Anda ingin jalankan???

  • Modal
Modal dalam berbisnis awalnya bukanlah Uang? Why!!! ini disebabkan adanya hal yang lebih penting dari senilai Uang yakni nilai Kepercayaan & Kejujuran dalam mengelola bisnis tersebut. Dimana-mana seorang pebisnis mempunyai modal. Prinsip Ekonomi : Modal Kecil untung Kecil sedang Modal Besar untung Besar. Modal Besar disini bukanlah senilai Uang! tapi Nilai Kepercayaan & Kejujuran. Tak ada nilai modal yang banyak tanpa adanya kejujuran!!!!

  • Optimis
Melakukan aktivitas sehari-hari saja kita selalu membutuhkan optimis, tanpa optimis hidup hampa, hidup akan hancur, sebab opitimis merupakan nyawa dari sebuah keinginan yang ingin dicapai tetapi banyak rintangan atau cobaan. Optimis seorang pebisnis sangatlah kuat.

  • Waktu
Bisnis dan Waktu selalu bersamaan, nilai bisnis akan berpengaruh terhadap waktu. Waktu Anda membangun sebuah bisnis mungkin Anda bilang lama; jika Anda tidak berhasil, tetapi jika Anda telah berhasil; pastinya Anda bilang membangun sebuah bisnis itu sebentar saja. Waktu yang lalu akan berbeda saat ini, jika ada yang Anda capai. Tapi jika Anda hanya tetap seperti waktu sebelumnya, berarti Anda tak akan merasakan manisnya waktu saat ini. Waktu yang akan menunjukkan apakan Anda pantas dibilang pebisnis? atau Anda hanyalah pecundang yang punya alasan untuk bilang ternyata berbisnis itu susah.


Kesimpulannya : Hidup yang Anda jalani merupakan bisnis Anda dengan Tuhan. Sadarkah Anda bahwa Anda sebenarnya telah melakukan semua faktor diatas, berarti semua manusia dapat berbisnis, hanya mereka yang tidak mau. Hidup itu Bisnis, Anda yang menentukan semuanya :)


by  iyanyupz


Semoga Bermanfaat.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar